Challenge Your Limit (3 Level Perubahan)

Dalam hidup seringkali orang merasa bahwa bosan dengan kehidupan yang ia jalani sekarang. Kurang menantang katanya. Sementara di lain pihak beberapa orang berfikir bahwa hidup yang dia jalani sekarang sangatlah sulit dan merasa lelah dengan hidupnya yang penuh dengan masalah dan beban. Ia pun mengeluh. Di lain pihak lagi merasa sangat menikmati kehidupan dan pekerjaannya, ia berprinsip hidup cuma sekali sehingga ia pun tidak pernah menyia-nyiakan waktunya. Ia merancang hidupnya dengan berpetualang ke tempat2 baru, impiannya menjelajah dunia dan punya banyak teman diseluruh dunia.

Terdapat 2 tipe orang berdasarkan persepsinya dalam menghadapi masalah, orang2 yang suka cari aman (safe taker) dan seorang penantang resiko (risk challenge). Seorang safe taker ialah orang2 yang suka berada dalam zona nyamannya, ia menolak perubahan, baginya tidak perlu mempersulit diri dengan segala tantangan dan target hidup. Hidupnya stagnan, lurus2 saja, tidak ada sesuatu yang berbeda, semuanya biasa saja, tetapi dia juga merasa nyaman dan happy saja.

Berbeda dengan seorang risk challenge yang memandang hidup harus dapat menjadi bermanfaat dan berguna dalam setiap detiknya. Baginya melakukan banyak hal dan mempelajari hal2 baru ialah hobi. Masalah yang datang bukanlah suatu hal yang perlu dikeluhkan tetapi ialah suatu tantangan yang harus di kerjakan sebaik-baiknya. Seorang risk challenge tidak pernah mengeluh akan masalah yang datang padanya, tetapi ia berbesar hati dan menerimanya dengan dewasa. Memecahkan problema tersebut dengan sebaik-baiknya akan membuat value dirinya bertambah dan meningkatkan kepercayaan orang2 disekitarnya, baginya pertemanan ialah sebuah asset yang harus dijaga dan selalu ditingkatkan.

Dalam menjelaskan 2 tipe orang diatas, sy memberikan ilustrasi berbentuk piramida yang juga memberikan gambaran tentang 3 Level Perubahan:

Semakin piramidanya naik, semakin mengerucut, artinya semakin levelnya meningkat semakin sulit menjalaninya dan semakin sedikit orang yang berjuang dizona itu. Piramida tersebut layaknya suatu permainan perubahan (The Game of Change) dalam hidup. Seorang risk challenge akan menentukan visinya, mengambil tantangan tersebut, lalu berjuang semaksimal mungkin, dan menikmati kerja kerasnya. Namun, harus selalu diingat tidak ada batas dalam perubahan, setiap selesai satu problem ada problem lain yang lebih berat dan menantang.

Diatas langit masih ada langit, namun bagi seorang risk challenge tidak ada tantangan yang tidak bisa di selesaikan, tidak ada gunung yang tidak bisa di daki, dan tidak ada langit yang tak tergapai. Masalah yang datang dalam hidupnya ialah suatu teka-teki yang harus dipecahkan. Menyelesaikan tantangan tersebut dengan sebaik-baiknya akan semakin menempa ia menjadi pribadi yang tangguh dan unggul.

So, ready to CHALLENGE YOUR LIMIT?

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 15/03/2011, in Cerita Tentang Visi (Pandangan Hidup). Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: