Added Value

Waktu kehidupan terus berjalan, tanpa sadar, kita tahu-tahu sudah bertambah umur, tapi apakah itu seiring dengan bertambahnya kedewasaan, keilmuan, skill, maupun kebaikan diri?

*********************************************************************************************

Seringkali kita tidak menyadari pertambahan apa yang kita punya selama berjalannya umur, padahal kita sangat menyadari pertambahan umur. Misalnya seorang anak sekolah yang berkata kepada temannya, “Ngga terasa ya waktu berjalan, tiba2 udah kelas 3 SMA aja, bentar lagi UN, tapi belum ada persiapan apa2.

Sesuatu hal tersebut ialah “Added Value” yang jika di Indonesiakan artinya Nilai Tambah. Nilai tambah berbeda-beda pada setiap orang tergantung bagamana ia memandang dirinya sendiri dan bagaimana orang lain memandang dirinya. Nilai Tambah itulah yang membedakan kelincahan dan pergaulan setiap manusia. Bagi yang memiliki nilai tambah yang mumpuni, lebih menguasai suatu permasalahan, sehingga ia pun mudah menyelesaikannya.

*********************************************************************************************

Suatu saat saya berkumpul bersama teman-teman SMA. Sudah lama sekali saya tidak bertemu mereka, sekitar 6 tahunan. Saya sendiri ingin datang pada suatu reuni SMA kami karena saya ingin membandingkan diri saya dengan teman, selain ingin membuka wawasan dengan melihat perkembangan kehidupan luar. Kemarin saya merasa seakan tidak ada perubahan apa-apa yang terlihat pada mereka, tetap sama seperti yang saya kenal saat SMA, cuma beberapa saja yang benar-benar berubah. Saya merasa mungkin mereka juga ingin “membaca kekuatan” saja dulu, jadi tidak ingin terlalu show over.

Syahrini (Dulu)


Syahrini (Sekarang)

Nilai tambah walaupun dapat tergantung bakat, hal itu bisa dipelajari. beberapa orang menyesuaikan nilai tambah diri dengan visi hidup. Misal visi hidup saya ingin membangun dan mengurusi apotek sendiri. Oleh karena itu saya harus mengembangkan nilai tambah yang berkaitan, seperti keilmuan kefarmasian, skill kefarmasian di apotek, manajemen apotek, membangun jaringan pertemanan, dll. Nilai tambah tersebut akan sangat mendukung keberhasilan pencapaian visi hidup.

*********************************************************************************************

Menurut saya setidaknya ada beberapa nilai tambah yang minimal dimiliki seorang muda Indonesia dalam perjuangannya meraih keberhasilan hidup, antara lain:
1. Keimanan dan ketaqwaan dalam beragama
2. Fokus dalam keilmuan di bidangnya
3. Skill kehidupan
4. Kepandaian dalam pergaulan
5. Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan

Lima poin itu masih sangat umum ya, itu juga kan yang sering diulang2 di buku agama atau PPKn dulu pas jaman SD. Untuk para pembaca Blog Mister Ade, saya akan beberkan lebih dalam, antara lain:

1. Keimanan dan ketaqwaan dalam beragama
Dengan meningkatkan kegiatan spiritual dan hubungan dengan Tuhan, kita akan merasa lebih tenang dan mendapat kedamaian hati. selain meningkatkan penyadaran dan kedewasaan diri. Nilai tambahnya dapat berupa dengan lebih sering berdoa, membaca kitab suci, mengingatkan sesama yang lain, dll.

2. Fokus dalam keilmuan di bidangnya
Dengan fokus kita akan lebih ahli dalam bidang yang dipelajari dan lebih mudah menguasai. Kita pun akan terbentuk image atau pencitraan diri akan bidang tersebut. Nilai tambahnya dapat berupa dengan lebih menyisihkan waktu lebih banyak untuk belajar, membaca buku2, bertanya pada ahli, menempuh pendidikan yang lebih tinggi, dll.

Ariel (dulu)


Ariel (Sekarang)

3. Skill kehidupan
Banyak sekali skill kehidupan. Contoh kecil saja memasak nasi, makanan utama orang Indonesia, tetapi banyak diantara kita yang belum tau caranya, atau mengendarai kendaraan bermotor, dll. Untuk yang satu ini saya merasa mendapatkan nilai tambah dari teman2 saya di kampus yaitu skill “lebay”. Lebay itu diatikan mengerjakan sesuatu lebih dari yang diminta. Skill ini tidak didapatkan di tempat lain tetapi mengakar dalam diri tiap orang-orang yang hidup didalamnya. Sedikit saja orang yang memiliki skill tersebut.

Olga (Dulu Lelaki Sejati)


Olga (Sekarang Lelaki Banci) Hahahaha

4. Kepandaian dalam pergaulan
Dengan pandai bergaul kita akan mempunyai banyak teman. kenapa baik jika mempunyai banyak teman? karena dapat memberi inspirasi pada kita akan kehidupan, pengalaman dari seorang teman ialah sangat berharga bagi diri sendiri. Nilai tambahnya dapat berupa dengan lebih memperhatikan penampilan, menjaga emosi diri, menambah jaringan pertemanan, dll

Sherina (Dulu)


Sherina (Sekarang)

5. Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan
Dengan lebih peduli akan keadaan sekitar kita menjadi lebih menyadari arti kehidupan. Nilai tambahnya dapat berupa mengajak yang lain untuk lebih menjaga lingkungan, meningkatkan rasa kebersamaan, kebersihan dan kesehatan lebih baik, dll.

Nilai tambah tidak memiliki ukuran yang pasti. Kita dituntut untuk selalu ingin mencari tahu, selalu menggali lebih dalam. Bahkan seorang profesor saja masih ingin selalu belajar. Hal ini dikarenakan perkembangan keilmuan saat ini yang serba cepat dan dalam model persaingan, siapa lebih unggul dialah yang mendapat kesempatan.

*******************************************************************************************************

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 17/06/2011, in Cerita Tentang Visi (Pandangan Hidup), Inspirasi Diri. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. siapa yg lebih unggul dialah yang mendapat kesempatan… tambahkan terus nilai-nilai positif ke dirimu, tulisannya sangat menggugah..🙂

  2. Monika Oktora

    syahrini jaman SMA, wahahaha..
    ncie post de!

    • Mister Ade

      Syahrini ya yg paling berubah? hohohoho..

      Yg dulunya cuma gadis ndeso, skrg jadi gadis pujaan..
      Suit2 Syahrini.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: