Kalah Gaya? Mati Gaya? Pake Gaya Sendiri Aja!

Hari ini ialah Blog Mister Ade tepat berumur 4 bulan dan ternyata sudah mencapai angka +40 posting juga +4000 hits🙂 Namun, saat ini semangat menulis sudah agak kendor mengingat jadwal KP dan persiapan ujian yang makin mendekat. Walaupun itu,, spesial untuk hari ini saya menyajikan tulisan yang juga spesial.🙂

Kalah gaya? Mati gaya? Pake gaya sendiri aja! Ya sesuai dengan judul tulisannya.. Saya ingin membahas ketika kita menyadari merasa tidak nyaman berada di suatu tempat atau kondisi dikarenakan pembawaan kita sendiri yang berbeda dari kebanyakan orang disana. Kalah gaya atau mati gaya ini bisa terjadi karena kita tidak mempersiapkan terhadap suatu kejadian yang akan terjadi, atau kita tidak siap akan kejutan yang terjadi kemudian.

Kalah gaya atau mati gaya, ketika terjadinya pada kita, akan terasa sangat mengganggu bakhan lebih parahnya menciutkan nyali dan rasa percaya diri. Seseorang yang rasa percaya dirinya menciut kemungkinan akan berdampak menjadi dua hal, antara lain: (1) Penarikan diri dari lingkungan dan mencari lingkungan nyamannya atau (2) Terpacu untuk membalas dengan berjuang untuk diterima di lingkungan itu dengan segala cara. Saya sendiri saat ini ingin mencoba pada jalur kedua.

Ketika kita kalah gaya atau mati gaya, awalnya jangan lagsung ciut dulu, jangan langsung terbawa emosi. Tetapi hadapi dengan tenang dan tetap berfikiran jernih. Pertama-tama keadaan tersebut harus tetap dikendalikan dengan menantang balik orangnya. Misal: “Ini gaya gw, gw pake gaya gw sendiri bebas dong!” Setelah keadaan agak terkendali kita mencoba melihat sekitar apakah gaya kita memang menunjukkan ketidaksiapan maka harus berbesar hati untuk berubah dan mencoba beradaptasi pelan-pelan. Ketika kita sudah dapat menguasai keadaan maka jangan sombong dan berbesar diri, kita harus tetap tenang, mengendalikan diri, dan mengingatkan yang lainnya.

Awal dari suatu keadaan kalah gaya, mati gaya, dikarenakan sikap dan pemikiran kita pada diri kita sendiri. Pupuklah selalu rasa percaya yang tinggi pada diri sendiri, selain itu dibutuhkan juga ketenangan dan pengendalian diri yang baik.

Oiya.. Terakhir: Ini gaya-Ku! Kamu?😉

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 06/07/2011, in Cerita Tentang Visi (Pandangan Hidup), Inspirasi Diri. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Monika Oktora

    buseeeeett eta fotoo..
    pandangan aku jadi terdistraksi yg tadinya mau baca tulisannya eh malah langsung menuju foto, dan langsung ngakak, wakwakwakkkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: