The Change Lover

“ Dunia pasti berputar, Ada saatnya semua harus berubah

Ingat pasti bertukar, kita harus siap hadapi semua

Iklaskan segalanya, jalani semua yang ada di dunia..”

Petikan lirik lagu karya Charly ST-12 itu sangat menggugah hati sy untuk menyadari arti hidup sy dalam dunia ini. Semua pasti berubah, semua harus berubah, ingat pasti bertukar dan kita harus siap hadapi semua. Itulah prinsip nyata yg sy sadari ialah dalam dunia ini. Perubahan itu pasti.

Kenapa Harus Berubah?

Terdapat 2 tipe orang dlm dunia perubahan, orang yang mau berubah dan orang yang tidak mau berubah. Dua tipe orang ini akan sangat mempengaruhi lingkungan dimana ia tinggal.

Tempat yang didominasi oleh orang-orang yang mau berubah akan menghasilkan nilai yang besar bahkan berlipat ganda. Produktivitasnya tinggi karena mereka dapat merespon segala bentuk perubahan yang terjadi. Sedangkan tempat yang didominasi orang-orang yang tidak mau berubah akan menghasilkan nilai yang kecil, produktivitasnya rendah dan akan tertinggal seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, dibutuhkan dalam lingkungan orang-orang yang berjiwa perubah “The Change Lover” selain juga perlu memiliki visi hidup sehingga tidak terombang-ambing dan memiliki arah tujuan yang produktif.

Kapan Harus Berubah?

Rhenald Kasali dalam bukunya Change!, mengatakan bahwa “Ingatlah, kalau jalan Anda terasa berat, itu tandanya Anda sedang mendaki naik. Sebaliknya, kalau jalan Anda lancar dan enak, berhati-hatilah karena itu pertanda Anda sedang menurun.”

Selain itu terdapat juga ilustrasi Grafik Sigmoid Curve, yang dapat membantu menjelaskan kapan/ dimana harus melakukan perubahan:

Menurut Rhenald Kasali saat terbaik untuk melakukan perubahan bukanlah pada saat kita memasuki krisis (titik Y), justru seharusnya pada saat sedang jaya (titik X). Dijelaskan bahwa biasanya suatu perusahaan sedang asyik-asyiknya menikmati masa kejayaan dan keberhasilan. Perusahaan biasanya terlambat melakukan perubahan, mereka baru tersadar ketika sudah memasuki masa kritis (grafik menurun). Perubahan yang dimulai pada kondisi kritis (titik Y) akan lebih sulit dilakukan.

Berubah Menjadi Apa?

Sebenarnya pertanyaan yang baik ialah “Berubah menjadi bagaimana?”, karena ketika ditanya pertanyaan “Berubah menjadi apa?”, orang menjadi bingung akan menjawab apa. Setiap perubahan pasti membutuhkan energi (pikiran, jiwa, dan usaha) yang besar serta komitmen yang kuat. Suatu bentuk perubahan dapat dilakukan dengan melakukan hal2 yang tidak biasa dalam hidup yang biasa sehari-hari. Hal-hal yang tidak biasa misalnya, bekerja lebih keras dan lebih cerdas, bergaul dengan lebih banyak orang, menambah waktu kumpul dengan keluarga, dll.

Meninggalkan kebiasaan lama dan menjalankan kebiasaan baru yang baik dapat dimulai sejak dini. Mengerjakan sesuatu tugas/pekerjaan lebih dari yang diminta dan memenuhi kepuasan klien. Dapat pula menerapkan sistem bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam tujuan menembus batas keinginan sendiri.

Apa yang Harus Dirubah?

Hal ini akan sy jawab dengan Teori Broken Windows, yang menjelaskan bahwa sesuatu hal atau kebiasaan buruk yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak segera diperbaiki akan menyebakan dampak kerusakan dan keburukan yang makin meluas. Kita sering tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lalaikan akan berdampak besar (walaupun sering tidak kelihatan dan terjadi dalam waktu lama) dalam kehidupan kita, bahkan dapat mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang baik. Yang harus dirubah mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai dari sekarang.

Bagaimana Harus Berubah?

Teori Pareto menyatakan bahwa 20% populasi merupakan penggerak suatu daerah, sedangkan 80% lainnya hanya follower, atau hanya ikut2an saja. Ini berarti misalnya dari 10 orang hanya 2 orang yang berjiwa pemimpin atau penggerak dalam kelompoknya, 8 orang yang lain lebih suka cari aman dan tidak ingin berubah. Hal ini sangat berpengaruh dalam perubahan, semakin sedikit orang2 yang berjiwa perubah maka semakin kecil progress kemajuan suatu daerah tersebut.

Suatu tugas bagi kita-kita yang berjiwa “The Change Lover” untuk mengubah pandangan dan membangun semangat dan jiwa perubah bangsa; dari 2 ke 8 orang, dari 10 ke 40 orang, dari 40 ke 160 orang dan seterusnya.. sampai semua orang memiliki jiwa dan semangat pengubah, pembaharu, dan pembangun bangsa. Ayo, keluar dari zona nyaman!!

“.. Tuhan pasti berikan kita segala yang indah

dengan segala anugerah tuk kita

yakinkan kita pasti bisa jalani semua

jagalah semua yang telah ada tuk hidup kita.”

  1. Halo Made,Tulisan Anda bagus sekali. Mahasiswa ITB juga kan ? Wah🙂

    Jika berkenan meluangkan waktu dan pengalamannya, mohon bisa dibagi di web user generated http://www.masukitb.com.

    masukitb adalah tampilan kehidupan Kampus Ganesha ITB, wadah bertanya, berdiskusi, dan berinteraksi, antara para mahasiswa atau alumni ITB, dengan para pelajar yang berminat menjadi bagian dari komunitas ITB.

    Kami berharap, Anda mau berbagi dengan pelajar dari seluruh Indonesia, yang berminat masuk ITB.

    Terima kasih🙂

    • Mister Ade

      Trimakasih masukitb sdh berkenan berkunjung ke blog saya..

      Sip.. Nanti sy gabung juga..

      Semoga menjadi bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: