Care for Lupus, Your Caring Saves Lives

Hari ini Blog Mister Ade tepat berumur 2 bulan (6 maret 2011 – 6 Mei 2011)
jadi saya menyiapkan tulisan yang spesial..

Penyakit Lupus secara umum merupakan kelainan yang bersifat kronik pada masalah imunitas tubuh. Manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menyerang benda asing, virus, bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Tetapi, pada penderita penyakit Lupus, sistem kekebalan yang harusnya berfungsi sebagai pelindung tubuh mengalami kelainan. Tubuh tidak dapat membedakan antara benda asing yang harus dimusnahkan dengan jaringan tubuh sendiri yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup. Akibatnya, yang diserang adalah jaringan tubuh sendiri dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti pada paru-paru, darah, kulit, ginjal, otak, jantung, dan lainnya. Kerusakan pada organ tubuh vital selanjutnya menyebabkan penderita Lupus yang disebut Odapus semakin lemah dan sakit. (Wikipedia)

Setiap tanggal 10 mei kita memperingati Hari Lupus Sedunia (World Lupus Day). Syamsi Dhuha Foundation (SDF), LSM nirlaba yang memberikan perhatian khusus pada penyakit Lupus dan Orang dengan Lupus (Odapus), akan mengadakan acara puncak peringatan World Lupus Day (WLD), 7 Mei 2011 di Aula Barat ITB – Bandung.

Adapun pada puncak acara WLD 2011 yang dikemas dengan tema ‘Never give up!’ akan digelar beberapa acara seperti Konsultasi Lupus gratis, Talk show ‘All about Lupus’, Art performance ‘Beautiful Indonesia’, Peluncuran buku ‘Luppy-nya lagi nakal nih’, yang merupakan kumpulan tanya jawab seputar Lupus, Pameran dan bazar.

“Tak mudah hidup bersama Lupus, apalagi di Indonesia yang tak semua Odapus-nya mampu mengakses fasilitas kesehatan dengan baik termasuk asuransi, harga obat yang relatif mahal dan pemeriksaan laboratorium klinis yang kerap tak terjangkau oleh Odapus dengan kemampuan finansial yang terbatas. Belum lagi dengan kondisi yang naik turun akibat aktifivitas Lupus-nya yang belum remisi, seorang Odapus pun kerap harus keluar masuk rumah sakit untuk dirawat. Semua ini membutuhkan ketangguhan tak hanya fisik tapi juga finansial dan mental untuk menghadapinya. Itulah mengapa kami memilih tema ‘Never give up! Untuk diusung dalam puncak peringatan hari Lupus sedunia kali ini”. Ujar Dian Syarief, Odapus yang juga ketua SDF. (Reza, Kabarindo.com)

Syamsi Dhuha Foundation (SDF) mengingatkan saya kenapa harus belajar dan terus berjuang di farmasi, kenapa tetap harus terus fight/ struggle dalam segala kepadatan kuliah dan kerja di farmasi. Jawabannya ialah (mengikuti yel-yel dari SDF yaitu Care For Lupus, Your Caring Saves Lives) karena kepedulianmu dapat menyelamatkan hidup. Begitu berharganya kepedulianmu teman karena itu bisa menyelamatkan hidup orang lain.

Jadi, pesan moralnya ialah jangan pernah berhenti menyerah, jangan mengeluh, dan jangan malas. Yang harus kamu lakukan hanya berjuang semaksimal mungkin, buat terobosan, jangan putus asa, dan tingkatkan selalu kepedulian terhadap sesama.🙂

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 06/05/2011, in Buku Harian Apoteker, Inspirasi Mereka. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. “…tingkatkan selalu kepedulian terhadap sesama”
    two thumbs up🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: