Sedikit Lebih Niat Lah!

Sering kita bila menghadapi suatu tugas kita sering merasa malas dalam mengerjakannya. Seiring kemalasan kita akhirnya tugas-tugas tersebut menumpuk menjelang deadline-nya. Nah, pada saat menjelang deadline pengumpulan tugas baru deh tugas-tugas itu dikerjakan. Bisa ditebak bahwa hasil-nya pasti kurang maksimal jika dibandingkan dengan tugas yang mulai dikerjakan dari jauh-jauh hari.

Tau ga teman-teman, waktu yang paling baik untuk mengerjakan tugas ialah saat tugas itu diberikan. Kenapa? Karena kita masih bisa langsung bertanya ke si pemberi tugas tentang kelengkapan tugas itu. Kita bisa langsung menanyakan maksud dari tugas yang diberikan. Bila tugas yang diberikan dapat langsung diselesaikan saat itu juga, maka lakukan. Demikian juga halnya dengan tugas-tugas lainnya yang dirasa agak berat/susah, selesaikan segera hari itu juga.

Tugas-tugas yang dirasa agak berat bila harus diselesaikan dalam hari tersebut sebaiknya di-cicil sedikit demi sedikit sehingga tugas-tugas tersebut tidak menumpuk. Segera kerjakan bila ada waktu lowong, jangan sia-siakan waktu tersebut karena dengan manajemen waktu yang baik seseorang dapat mengerjakan banyak hal dalam hidupnya. Dengan menerjkan banyak hal tersebut, ia mendapat lebih banyak pengalaman dan kesempatan yang memberi warna dalam hidupnya. Hidupnya jadi lebih bersemangat dan berguna bagi sekitarnya.

Kenapa ya biasanya niat itu muncul saat menjelang deadline? Kenapa niat itu muncul ketika ada paksaan dari luar? Bila teman2 ada yang punya kebiasaan tersebut, maka segeralah ubah kebiasaan buruk itu. Hal ini karena tidak semua pemberi tugas akan puas dengan hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan setengah niat tersebut. Sebaiknya setiap tugas yang datang dianggap sama pentingnya dan dikerjakan dengan niat yang sama, yaitu sedikit lebih niat.

Walaupun dengan sedikit niat tapi hal itu bisa sangat berpengaruh lho. Contoh kecil saat beres-beres kamar, bila tidak diniatkan dan tidak dikerjakan dengan niat maka pasti masih kotor; contoh lain saat mengerjakan aplikasi lamaran kerja dengan setengah niat maka sulit akan berhasil kedepannya; dll.

Mana yang lebih niat? Mana yang lebih bagus?

Bagaimana menumbuhkan niat itu? beberapa cara yang saya tawarkan, awalnya sadar bahwa setiap tugas yang datang ialah sama pentingnya, kerjakan sesegera mungkin, biasakan selesaikan pekerjaan saat tugas diberikan. Kemudian miliki rasa ingin tahu yang tinggi, tanyakan kenapa dan bagaimana pada hal-hal yang ditemukan di lapangan, misal kenapa parasetamol dapat menyebabkan gangguan hati? bagaimana mekanismenya? dan seterusnya. Lakukan revisi tugas, jangan sungkan bertanya pada pemberi tugas atau teman, berdiskusi akan menambah saran dan masukan yang baik untuk menyempurnakan tugas tersebut.


Pada akhirnya tugas itu akan selesai dengan baik dan sempurna, si pemberi tugas merasa puas dan gembira.
Merupakan kebahagiaan tertinggi yang dirasakan seseorang, bila dapat membahagiakan orang lain.
Feel it free and continously, and your life will cheerful and happy🙂

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 20/09/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: