Persoalan Tak Terselesaikan

Dalam menyelesaikan suatu permasalahan tiap2 orang punya caranya sendiri-sendiri. Ada yang pake gaya santai, ada yang pake gaya penuh persiapan yang matang, ada yang sangat serius mengerjakan sampai-sampai melupakan hal2 lain. Tiap orang bebas memakai cara apapun yang penting permasalahan tersebut selesai dan tidak meresahkan orang lain.


Dalam hidup pasti kita pernah melakukan kesalahan, termasuk saat tidak mengerjakan/ menyelesaikan tugas dengan baik. Hal tersebut bisa saja ada yang mengecewakan atau menyinggung perasaan orang lain. Tentunya ngga enak kan kalau mengalami hal itu. Saya sendiri pernah (sering!) merasakannya, dan perasaan itu sangat menggangu, bisa merusak mood seharian, kepikiran terus.. Menurut saya, persoalan yang belum terselesaikan harus segera diselesaikan biar bisa tenang buat ngelanjutin urusan yang lain.

Ini ada beberapa tips buat teman2 apabila menghadapi “Persoalan Tak Terselesaikan (PTT)” seperti diatas:
1. Harus berfikiran jernih, mungkin PTT itu bersumber dari kesalahan diri kita sendiri. Harus sering2 introspeksi. Jangan selalu mau menang sendiri, tanpa ngelihat persoalan secara keseluruhan. Awal mula PTT lalu membesar karena tiap individu yg terlibat didalamnya bertahan dengan pendapatnya sendiri, tidak ada yng mau mengalah.

2. Harus berani memimpin gerakan untuk memulai menyelesaikan PTT. Ketika suatu PTT dibiarkan maka akan mengakar dan menjalar kemana2, hasilnya kecurigaan satu sama lain, kurangnya kepercayaan satu sama lain, dll. terutama menyebabkan tidak tenang dan tidak pede ketika berurusan dengan orang yang tersangkut PTT itu. Cepat ambil tindakan, cepat memutuskan untuk memulai bergerak, semakin cepat PTT diselesaikan maka semakin baik.

3. Segera minta maaf bila melakukan kesalahan, apalagi bila mengecewakan/ menyinggung perasaan orang lain. Segala perbuatan baik dimasa lalu (dan dimasa datang), bisa ilang dalam sekejap bila suatu saat melakukan satu hal bodoh, tapi itu dapat sedikit terobati bila kita segera meminta maaf.

Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan, mungkin juga ada yang punya PTT sampai sekarang, kita mungkin tidak menyadari pernah mengecewakan orang lain, kita manusia yang tidak luput dari kesalahan, kita manusia yang tidak sempurna. Namun, seharusnya kita mengurangi segala perbuatan buruk kita dimata org lain. Mulailah berbuat baik, dan teruslah melakukan itu.

Pakai prinsip 3M:
Mulai dari diri sendiri, Mulai dimana saja, Mulai saat ini.
God Bless You🙂

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 04/08/2011, in Cerita Tentang Visi (Pandangan Hidup), Inspirasi Diri. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: