Mulailah dari Hal Kecil yang Memberikan Dampak Besar

Abdul Gani, semasa menjadi CEO Garuda Indonesia, menemukan sesuatu yang luar biasa, yaitu ketepatan waktu. Baginya, ketepatan waktu adalah sesuatu yang mudah dicapai dengan biaya yang murah. Sementara itu, orang-orang bisnis yang jadi sasaran utama Garuda sangat mengutamakan waktu. Baginya, variabel lain dapat dikompensasi tetapi waktu tidak.

Maka setelah berhasil mencegah perdarahan di Garuda ia segera membenahi ketepatan waktu. Caranya sederhana saja. Tentukan berapa angka ketepatan waktu sekarang, tetapkan target setiap bulan, komunikasikan, dan berikan imbalan merata kepada setiap karyawan. Baginya, ketepatan waktu merupakan hasil kerja team: mulai dari check in counter, baggage handling, boarding ke dalam pesawat, hantaran catering, kesigapan team maintenance, kecermatan awak kabin, dan sebagainya.

Hasilnya, perlahan-lahan angka ketepatan waktu Garuda meningkat dan berhasil memperoleh penghargaan internasional. Perubahan kecil ini disambut dengan antusias oleh karyawan. Mereka semua senang dan penumpang pun mengapresiasi. Perubahan kecil ini menghasilkan apa yang disebut hallo effect. Sebuah hal kecil yang telah mengubah citra yang besar dan menimbulkan efek luar biasa. Maka selalu mulailah dengan hal-hal kecil yang menimbulkan dampak yang besar.

Referensi: Rhenald Kasali, Change

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 31/05/2011, in Cerita Tentang Visi (Impian), Inspirasi Mereka. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: