The First Mover (Part 2)

Kenapa sih kita harus jadi The First Mover?
Apa keuntungannya menjadi The First Mover?

Ada beberapa keuntungan menjadi first mover dibandingkan mereka yang hanya mengekor (follower). Misalnya cerita tentang teman yang bekerja dan ingin melanjutkan studi keluar negeri dengan mencari beasiswa. Saat belum banyak orang di kantornya berminat melanjutkan kuliah dengan beasiswa, maka mencari izin dari tempatnya bekerja untuk kuliah di luar negeri akan menjadi lebih mudah. Sekarang, saat staf yang lain mengekor ramai-ramai mencari beasiswa, izin sekolah ke luar negeri mungkin menjadi sulit. Hal ini wajar saja, karena tidak mungkin kantornya ditinggalkan oleh orang-orang yang berpotensi pada saat yang bersamaan.

Keuntungan lain, misalnya dari sisi kompetisi. Misal, pernah ada seleksi untuk beasiswa short course Farmasi ke Tokyo. Gelombang pertama hanya satu orang saja yang mendaftar. Teman-teman lain termasuk saya enggan mendaftar dengan berbagai alasan. Saat itu, yang bersangkutan langsung lulus. Pendaftaran gelombang kedua peminatnya lebih banyak karena sudah melihat keuntungan dari first mover. Tetapi, persaingan menjadi lebih berat karena hanya satu orang saja yang akan lulus.

The first mover punya visi yang kuat serta keyakinan yang teguh sehingga mau dan berusaha mencapainya dengan serius. Mereka juga memiliki perencanaan yang matang dan menjalani kegiatannya dengan tidak main2. The first mover yang tidak mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan dan tidak berlatih keras, tidak akan dapat mampu menjalani segala rintangan yang akan datang setelah langkah pertamanya.

Rintangan itu akan datang setelah langkah pertama, dan pasti ada. Mulai dari rintangan yang mudah, sampai ke yang tidak terbayangkan sekalipun. Tapi bagi yg telah mempersiapkan diri dan punya keyakinan yang teguh akan tetap tegak berdiri dan akan melaluinya dengan dengan baik.

Orang-orang yang memiliki sikap first mover cenderung senang mempelopori atau menggagas hal baru, baik yang baru bagi dirinya, orang lain, atau bagi lingkungannya. Kesempatan akan datang dengan semakin banyak bagi first mover yang mempersiapkan diri dan mau mengambil langkah kemajuan tapi bagi yang kurang mempersiapkan diri dan bermain aman, hanya akan menyesal dan terus terpuruk karena tidak mampu menggapainya.

Oleh karena itu, mulai saat ini tetapkan dalam hati:

Saya harus menjadi first mover!!

Saya tidak akan menyia-nyiakan waktu yang terus berlalu dan menyesali apa yang telah terjadi,

Saya tidak akan terus menunggu waktu yang tepat, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berlatih dan mempersiapkan diri pada tujuan.

Setiap kesempatan akan datang pada waktu yang tepat, karena Saya sudah mempersiapkan diri setiap saat.

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 26/03/2011, in Inspirasi Diri. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: