Disiplin Waktu

Suatu peristiwa pagi2 di tempat tidur melihat jam masih 06:00, saya masi pengen nambah waktu tidur 5 menit lagi sebelum siap2 ke kampus. Bangun jam 06:05, ternyata keinginan untuk beranjak dari tempat tidur juga belum ada, jadi nambah lagi sampai 06:10. Setelah bangun lagi jam 06.10 baru memaksakan diri bangun dan mandi. Selesai mandi jam 06:20 siap2 berangkat jam 06.25 untuk ke kampus jam 07 tepat (kebetulan karna dosennya disiplin jadi klo bapaknya udah ada dalam kelas kita ngga boleh masuk lagi). Ternyata di jalan macet parah, dengan segala upaya sy buru2 nyampe kampus jam 7 pas. Dari parkiran ke dalam kelas yg lari2an sampe kira2 dapat waktu 07:10, ternyata bapaknya udah dalam kelas. Di tengah perjalanan sy bergejolak antara masuk dan tidak, malu aja kalau diusir dari kelas karena telat. Tapi kalau ngga masuk brarti saya mengingkari janji saya di awal semester buat mengusahakan kehadiran kuliah 100%. Namun, karena bapaknya juga telat jadi saya beranikan buat masuk dan boleh.

Ini membuat saya sadar kalau 5 menit saja waktu disia2kan di pagi hari membuat kita dapat membuang banyak waktu di siang hari. Misalnya kalau saya telat dan tidak diperbolehkan masuk maka saya menyia2kan waktu 2 jam kuliah tersebut buat ngerjain hal lain yang bila dinilai, nilainya tidak begitu besar seperti nilai jam kuliah.

Suatu peristiwa lagi di lain hari ketika menentukan waktu ngumpul atau rapat suatu kelompok. Ditentukan rapat akan dimulai jam 10:30 sampai jam 11:00 (30 menit) tapi karena banyak kepentingan dan alasan maka hanya beberapa orang yang datang, atau bahkan cuma ketua dan sekertaris kelompok yang datang. Ini menyebabkan kerugian waktu kerja yang sangat besar dan bisa membuat pekerjaan menjadi tidak efektif dan akhirnya menghasilkan hasil pekerjaan yang dibawah standar.

Suatu peristiwa lain hari dimalam hari, karena tidak tegas menentukan waktu belajar atau ngerjain tugas, waktu untuk itu malah ngga kerasa terpakai untuk hal2 yang sifatnya wasting time seperti online Facebook atau nonton tv. Hal tersebut membuat otak malah rileks duluan dan buat ngerjain tugas malah ditunda2 dan tidak konsentrasi. Waktu terus berjalan dan ketidakdisiplinan dan ketidaktegasan terhadap waktu tersebut akan berdampak ke jadwal di waktu berikutnya. Misal waktu ngerjain tugas di plot jam 7-9, malah ditunda sampai jam 10 baru mau mulai ngerjain, jadinya malah begadang karena tugas itu harus selesai besoknya. Karena begadang jadinya bangun kesiangan dan tidak masuk kuliah. Malah tidak jadi ngumpulin tugas. Nyesel banget kan akhirnya.

Ini merupakan kebiasaan buruk yang sangat merugikan. Kebiasaan telat dan tidak menghargai waktu ini yang dapat menurunkan harkat dan kepercayaan seseorang kepada kita. Memulai suatu kegiatan dengan terlambat menyebabkan kita menjadi mengerjakan pekerjaan dengan terburu2 dan tidak maksimal (karena tidak menggunakan waktu dengan efektif sesuai yg ditentukan ataupun tidak konsentrasi, capai, kelelahan, dll). Dalam menyusun jadwal harian, kerjakan kegiatan tersebut sesuai prioritasnya.

Menghilangkan kebiasaan buruk ini harus dimulai dengan niat yg baik dan dimilai sejak dini. Lingkungan tinggal jg harus dirubah dengan tegas, semakin sering kita terlena dan membiarkan kebiasaan telat itu menjalar di kehidupan kita makin sering kita melakukannya dan akan berdampak sangat buruk bagi keseharian hidup kita. Mau tidak mau manajemen waktu yang baik harus dilakukan dan wajib dilakukan. Karena sifat menyia2an waktu akan berdampak kerugian bagi banyak hal, bagi diri sendiri dan orang lain. Tidak ada untungnya kita menyia2an waktu, yang ada malah kerugian yang besar yang harus ditanggung di depannya.

• Buat menghilangkan kebiasaan telat di pagi hari, mulai dengan menyetel waktu alarm lebih pagi atau sudah menyiapkan segala kebutuhan dari malamnya jadi tinggal langsung pakai aja, ngga cari2 lagi yg akan membuang waktu banyak. Waktu di pagi hari merupakan waktu yang sangat singkat jadi kita harus dapat mengendalikannya dengan baik.

• Buat menghilangkan waktu terbuang di siang hari, misal waktu kerja kelompok yang banyak terbuang kia bias buat janji dan uraian tugas yang jelas bagi masing2 anggota, sehingga pas ngumpul waktunya bisa lebih efektif. Bisa juga mengisi waktu luang di siang hari dengan baca buku yang selalu di bawa di dalam tas.

• Buat mengendalikan waktu di malam hari, yang banyak terbuang untuk hal-hal hiburan, harus tegas pada diri sendiri dan buat kesepakatan dengan deri sendiri. Misal waktu nonton dan online setengah jam (ambil waktu untuk acara2 tertentu aja sesuai kegemaran, contoh nyalain tv buat nonton “Bukan Empat Mata” saja ketika acara itu udah selesai langsung matikan tv). Ketika waktu tidur langsung tidur atau sebelumnya bisa nyiapin barang2 dan jadwal yg akan dilakukan esok harinya.

Dengan manajemen waktu dan disiplin waktu yang baik kita akan dapat mengerjakan banyak hal dalam hidup kita, lebih banyak pengalaman, lebih banyak karya yang kita buat. Dan akhirnya kta menjadi pribadi yang dapat menjaga kepercayaan dan meningkatkan harkat hidup kita dimata orang. Hal ini lah yang harus ditanamkan ke anak2 Indonesia sebelum beranjak dan membangun masa depan, “Demi Indonesia yang Gemilang.”

About these ads

About Mister Ade

Keluar dari zona nyaman

Posted on 19/03/2011, in Inspirasi Diri. Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Monika Oktora

    hebat deee..
    sometimes, even u always annoying, u can inspired me. thanks bro

  2. great article… kunci kesuksesan salah satunya adalah disiplin. Tidak mudah melakukan disiplin waktu, namun semuanya bisa dimulai dari hal2 yg kecil sebelum menjadi kebiasaan. Investasikan waktumu untuk hal-hal positif, untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara…

  3. Nohok mameeeen….jleb! Jleb! Jleb! :P

  4. Mister Ade

    buat semua:
    ayo semangat menjalani segala aktivitas..
    selalu ingat dlm hati: jangan telat..

    lebih bagus kalau: datang lebih cepat dan selesai sebelum waktunya

    dont be late!! :)

  5. OK Deu, liat dalam sebulan terakhir ini yaaa…yg tadi gak diitung. Hahaha… :lol:

  6. saya punya komitmen tetapi kok sering2 gagal ya…. pada hal aku berada dilingkungan yang seharusnya disiplin

    • Mister Ade

      harus ada persiapan dan tindakan nyata..
      kemudian evaluasi setelahnya..

      saya doakan semoga berhasil ya kawan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: